Ads Top

Kamus stemming bahasa indonesia (Android)

Kamus merupakan salah satu media untuk mendapatkan informasi mengenai baik arti dari suatu kata maupun bermacam bentuk perubahan dari kata. Kata-kata pada Bahasa Indonesia kaya akan imbuhan. Kurang lebih ada sekitar tiga puluh lima (35) imbuhan resmi yang disebutkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Imbuhan-imbuhan ini dapat berupa prefiks (awalan), sufiks (akhiran) maupun infiks (sisipan). Satu hal yang unik dari Bahasa Indonesia adalah kecenderungan pemakaian imbuhan secara bebas dan lebih kompleks dibandingkan dengan Bahasa-Bahasa yang lainnya. Kekompleksan penggunaan imbuhan ini dapat dilihat dari berbagai variasi imbuhan-imbuhan yang ada dan juga berbagai macam penggunaan imbuhan itu sendiri dengan mengkombinasikan antara suatu kata dengan kata yang lainnya.
            Secara ilmu Bahasa, hal ini mudah dilakukan oleh manusia, karena manusia sudah mempunyai databasememori linguistic yang komplit untuk melakukan parsing komponen-komponen penyusun (ejaan : imbuhan dan kata dasar) dari suatu kata. Seperti misalnya, dari kata mengantuk, kita bisa langsung memilah-milah menjadi me(ng) + kantuk bukan meng + antuk atau me + ngantuk). Namun pada penerapanya, bahwa tidak semua orang yang memiliki pengetahuan yang optimal untuk dapat menentukan suatu kata dasar. Hal ini disebabkan karena setiap orang hanya menggunakan kemampuan pengetahuan mereka saja untuk menentukan kata dasar dan tidak cukup optimal untuk menentukan serta mengetahui kata dasar dari suatu kata itu sendiri.
            Dalam Information Retrieval (IR), stemming merupakan bagian dari preprocesing yang dimana fungsinya agar menemukan kata dasar dari sebuah kata dengan menghilangkan semua imbuhan. Untuk penentuan pemisahan dari imbuhan yang terdapat pada suatu kata maka pada stemming ini memiliki beberapa algoritma yang sesuai. Salah satu algoritma yang digunakan pada stemming Bahasa Indonesia adalah gabungan dari ECS (Enhanced Confix Stripping)  dan Porter Stemmer. ECS adalah stemming  yang sudah teruji keakuratannya tetapi prosesnya mempunyai watu yang lama dan Porter Stemmer merupakan metode stemming  paling cepat dalam pemrosesan data namun hasilnya tidak seakurat ECS.
            Dengan demikian sangat dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat mendukung untuk dapat menentukan kata dasar dari suatu kata yang ada dalam Basaha Indonesia. Aplikasi Stemming adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu seseorang dalam hal mentransformasikan suatu bentuk kata menjadi kata dasarnya secara optimal.
           Tujuan aplikasi pencarian untuk pencarian kata dasar dan kata berimbuhan pada Bahasa Indonesia dengan menggunakan algoritma ECSP (Enhanced Confix Stripping Porter) stemer. Dengan adanya aplikasi stemming ini, diharapkan dapat membantu dalam mempermudah penggguna dalam mengetahui kata dasar dari suatu kata yang berimbuhan.
          Karena aplikasi menggunakan cloud maka dikembangkan dengan menggunakan framework CodeigniterFramework tersebut menggunakan bahasa pemrorgraman PHP serta menggunakan basis data MySQL. Proses pengembangan website dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pengembangan awal yang dilakukan adalah menganalisis kebutuhan sistem website, hal ini meliputi analisis kebutuhan pengguna, bentuk interaksi pengguna di dalam website serta kebutuhan-kebutuhan lainnya. Analisis kebutuhan tersebut akan dijadikan dasar dalam perancangan konsep website. Berdasarkan konsep tersebut, proses perancangan basis data serta bentuk antar-muka website dapat dengan mudah dilakukan.
      Antar muka website yang masih berbentuk gambar diubah ke dalam bentuk website supaya dapat tampil di peramban (browser). Proses ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML untuk mengatur tata kerangka (layout) serta dengan menggunakan bahasa pemrograman Cascading Style Sheet  (CSS) untuk membuat tampilan website manjadi lebih dinamis dan tidak kaku. Dalam tahap desain tersebut  penulis menggunakan Twitter Bootstrap untuk membantu mempersingkat pembuatan desain website.
Tampilan Awal
Tampilan Utama
kamu bisa mendownloadnya disini , silahkan berkomentar jika anda ingin bertanya terima kasih

No comments:

thanks..

Powered by Blogger.