Ads Top

Aplikasi New Media ,manfaat,kekurangan dan kelebihan

    Ardian aruhil kahfi (51411099)
    M.Reggi.Tu (54411696)
    Muhammad Fauzi(54411831)
    Indrawan (53411616)
    dio kurniawan M (52411171)


New Media merupakan suatu perantara baru untuk pertukaran informasi. Secara sederhana New Media tercipta akibat adanya interkasi masyarakat dengan komputer dan internet. Seiring bertumbuhnya kebutuhan informasi pada saat ini, maka New Media semakin populer pada saat ini.

     Implementasi dari New Media yang ada pada saat ini sudah sangat banyak dan semakin kompleks. Tak hanya untuk sekedar pertukaran informasi. New Media juga dimanfaatkan sebagai media hiburan, media sharing juga media sosialisai. 



YOUTUBE



    Dalam pembahasan ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari New Media. Dan yang saya akan ambil contoh dari New Media itu adalah youtube. Jika kita membicarakan kelebihan dan kekurangan dari new media, bagi saya youtube salah satu New Media ini mempunyai banyak kelebihan daripada kekurangannya.

Kelebihan Youtube

  • Memberikan informasi yang ada di dunia dengan melihat videonya
  • Memberikan ilmu pengetahuan apa yang belum kita pelajari di kehidupan sehari hari   maupun dalam sekolah kita dengan melihat videonya
  • Memberikan hiburan untuk kita yang lagi bosan
  • Memudahkan kita untuk mencari informasi yang terbaru yang ada di dunia ini

Kekurangan Youtube :

  • Jika kita ingin melihat dari isi semua video yang ada di youtube itu tanpa mendownloadnya dan jaringan kita lagi lemotnya minta ampun maka gambarnya akan terputus-putus oleh karena itu kenyaman kita akan terganggu
  • Youtube adalah jejaring di dunia maya yang begitu bebas untuk dilihat, baik isinya yang berupa pornografi maupun kejadian aneh yang belum pantas dilihat oleh anak dibawah umur. Oleh karena itu hal tersebut memperburuk keadaan moral anak dibawah umur sekarang. Bagi saya hal ini bukan hanya kekurangan dari youtube saja tetapi jejaring dunia maya yang lain juga
  • Setiap kita melihat video youtube itu sendiri pasti kita ingin mendownloadnya dan bebas melihatnya tanpa dikenakan biaya online. Nah, sudah senang kita selesai mendownloadnya, gak taunya format dari video itu tidak ada di dalam komputer kita jadi gak bisa dach kita menontonnya. Kekurangan ini menurut saya perlu diperbaiki oleh pihak youtube agar formatnya yang ada dalam youtube itu sendiri sudah ada di komputer umum lainnya.

GAME ONLINE

Kelebihan System Game Online:
     Masuknya internet telah mengubah cara orang menghabiskan waktu luang mereka. Kebanyakan orang beralih ke permainan favorit mereka pada komputer yang menggunakan versi online. Selain itu, permainan komputer online memiliki banyak keuntungan dan kerugian bila dibandingkan dengan permainan tradisional. Pertama-tama, game online memungkinkan seseorang untuk bermain kapan saja mereka inginkan.  misalnya, ketika anda sedang berada di rumah sendirian dan tidak sedang melakukan aktivitas, anda dapat bergabung dengan komunitas online gamer dan memainkan game online yang sesuai selera anda. Dengan game online, anda tidak perlu memiliki pemain lain di hadapan anda. Keuntungan lain untuk game online adalah kurangnya mengatur dan membersihkan diperlukan untuk bermain. Semuanya dilakukan pada pembuatan permainan komputer sangat mudah.  Game Online juga memungkinkan karakteristik komputasi mudah. Sebagai contoh jika Anda memainkan permainan monopoli online, semua uang transaksi dilakukan secara elektronik untuk menghindari kesalahan manusia.

Kekurangan :
    
     Ada juga beberapa kelemahan untuk game online termasuk kurangnya komunikasi dan interaksi. Biasanya game online menghilangkan aspek permainan meskipun beberapa memungkinkan anda untuk chatting antara gamer lain, itu hanya tidak sama. Kelemahan lain dari game online adalah fakta bahwa ia bisa menjadi pintu gerbang platform untuk masalah perjudian. Orang-orang yang jatuh cinta dengan kemudahan game online dapat menemukan diri mereka terlibat dalam perjudian online juga. Selain itu game online juga dapat membuat orang ketagihan, dan game online juga mahal karena harus menggunakan voucher untuk game-game tertentu.

BLOG




    Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

     Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. 

     Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog, karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini.

Manfaat blog

  1.  Menambah pengetahuan – Kegiatan ngeblog menuntut kita untuk menulis artikel-artikel yang berguna bagi orang lain. Apapun tema blog kita, untuk menulis artikel yang berguna dan informatif sering menuntut kita untuk melakukan research kecil-kecilan untuk mencari data atau fakta yang berkaitan dan mendukung tema tulisan. Dari kegiatan research inilah, kita akan semakin banyak mengetahui hal-hal dan ilmu baru. 
  2.  Menambah teman se hobby – Mendapat banyak teman di internet mungkin lebih mudah dilakukan di situs sosial semacam facebook dan twitter. Tapi Mendapatkan banyak teman yang sehobby di dunia blogging terasa lebih menyenangkan. Kita bisa saling berbagi pengalaman blogging, pengalaman hobby tertentu, dansaling membantu. 
  3.  Membantu orang lain – Setiap hari puluhan juta orang di indonesia online menggunakan google untuk mencari artikel, tips-tips maupun info-info terbaru dari berbagai bidang. Jika kita benar-benar menulis artikel yang informatif dan berguna bagi pembaca, otamatis kita telah membantu orang lain memberikan informasi yang mereka cari. 
  4. Menumbuhkan jiwa wirausaha – Manfaat blog yang ini yang paling asik. Tentunya bagi kita yang punya tujuan menghasilkan uang dari blog. Dengan mengenal dunia blogging, nantinya secara otomatis kita akan terbawa ke dunia SEO, Internet Marketing, Bisnis online, dan semua hal yang berhubungan dengan pengetahuan untuk menghasilka uang secara online. Bukankah secara tidak langsung hal itu menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri kita? 
  5. Menyalurkan bakat – Kita bisa menyalurkan bakat melalui blogging. Tidak harus bakat menulis. Apapun bakat maupun kecenderungan kita akan suatu bidang, bisa kita wujudkan dalam tulisan-tulisan artikel blog. Hal itu akan menambah wawasan dalam lingkup bakat dan minat. Begitu juga dengan orang-orang yang mempunya bakat dan minat yang sama, kita akan lebih mudah menemukannya melalui blog. 
  6. Menuangkan Ide, pendapat – Pernah punya ide-ide segar di otak atau perasaan berkecamuk tentang suatu hal atau isu-isu sosial yang membuat gerah? Well, menumpahkan semua itu dalam sebuah blog membawa kepuasan tersendiri dan membuat lega alias plong. Apalagi ide-ide ,pendapat, maupun pandangan kita dibaca banyak orang. Tentunyamembuat semakin excited karena akan terjadi saling tukar informasi yang bermanfaat disana.
  7.  Menghasilkan uang – Ini dia manfaat blog yang paling menyenangkan. Kita bisa menghasilkan uang melalui blog dengan mengikuti program-program periklanan, menjual produk dan jasa, baik produk/jasa milik sendiri maupun jasa/produk orang lain (affiliasi).
Kelebihan blog

  • sifatnya berdiri sendiri sebagai media, 
  • blog juga cenderung non-formal dalam penggunaan bahasa yang dipakainya. 
  • Blog memungkinkan terjadinya iteraktifitas atara sember dengan penerima informasi. 
  • Weblog adalah media yang digunakan secara personal, baik individual maupun institusional. 
  • Tidak ada persyaratan personal yang diberikan dari pihak manapun untuk bisa memiliki dan mengelola weblog sendiri. 
  • Formatnya yang mudah diaplikasikan dan pengelolaannya yang tidak rumit membuat media ini bisa diopersikan oleh siapapun. 
  • Tidak diperlukan kemampuan teknis atau kemampuan dasar jurnalisme untuk mempublikasikan informasi dalam weblog. 
Kekurangan blog
beberapa kekuranga blog diantaranya adalah rentan terkena virus, hacker atau spywere. Selain itu, blog juga kurang sentuhan manusiawi, mudah disalahgunakan fungsinya, dan tulisan yang ada di dalam blog kurang dapat dipertanggung jawabkan. 

Untuk itu, ada beberapa upaya agar kekurangan ini dapat diminimalisir. Diantaranya yakni dengan menggunakan bahasa pemograman yang aman, manggunakan desein menarik, dan memiliki control penulisan artikel yang benar.

TWITTER


     Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut “follower”.


    Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

     Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBALarry Bird. Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.

   Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.

KONTEN PADA TWITTER

1.Home
Pada Home / halaman utama ini bisa melihat tweets yang dikirim oleh orang-orang yang menjadi teman.

2. Halaman Profile
pada profile yang dapat dilihat oleh semua orang (jika tidak di protect) mengenai data diri pengguna serta tweets yang diposting.

3. Follower
Follewer adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

4. Following
Following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

5. Mentions
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara. Ditunjukkan dengan simbol @

6. Favorite
Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

7. Direct Message (DM)
Fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

8. Hashtag
penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

9. List
pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang mereka follow

10. Trending Topic
topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

MANFAAT BERMAIN TWITTER

1.Komunitas
Di Twitter, Anda dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sharing informasi secara real time. Mulai dari yang membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi. Jika Anda dari sisi perusahaan, tentu juga bisa membangun komunitas terkait produk yang Anda geluti via Twitter.

2. sumber Trafik blog Blog/Situs
Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat pemancing. Maksudnya, jika Anda memiliki blog atau situs pribadi/perusahaan, maka dapat memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung. Caranya mudah, posting saja hal-hal menarik yang memancing rasa penasaran banyak orang.Setelah itu, jika ingin informasi yang lebih detail, berikan link untuk diakses follower Anda. Tentu saja link tersebut mengarah pada blog atau situs yang dimaksud.

3. Informasi Real Time
Informasi menyebar dengan sangat cepat di Twitter. Kicauan yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps. Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan informasi terupdate secara real time. Contoh sederhananya, misalkan ada kecelakaan di tol dalam kota. Pengguna jalan tol yang memiliki akun Twitter biasanya akan melontarkan unek-unek mereka atau memang ingin sharing info di situs mikroblogging ini. Lantaran ini termasuk informasi penting, terutama bagi penduduk Jakarta, maka ia akan cepat menyebar. Kata bekennya banyak diretweet, hingga akhirnya sampai ke timeline Anda.

4. Membuka
Jaringan Pengguna Twitter berasal dari latar belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau terkait aktivitas perusahaan, bisa Anda temui dengan mudah di Twitter. Selanjutnya bisa ditebak, jaringan bisa mulai dirajut di sini.

5. Sebarkan Idemu
Punya pemikiran brilian? Jangan cuma disimpan di dalam hati. Nah, bisa juga dilontarkan melalui tweet- tweet Anda. Jika menarik pasti banyak yang meretweet. Nah, bila disampaikan dengan bahasa global, tentu tweet Anda pun bisa mendunia.

6. Menggaet Audiens Global
Jika berbicara internet tentu kita tak lagi bisa berpikir lokal. Begitu pula di Twitter, net citizen global dapat berinteraksi dengan mudah. Kondisi ini tentu bisa dimanfaatkan oleh perusahaan yang ingin menggaet pelanggan global.

7. Membangun Personal Brand
Twitter menyediakan tempat bagi Anda untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide. Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula bagi untuk menciptakan personal brand sendiri di dunia digital.

8. Layanan Customer Service
Ingin lebih dekat dengan pelanggan Anda? Bikinlah akun Twitter, tapi jangan pakai nama akun personal. Buatlah yang khusus untuk menjadi layanan customer service perusahaan Anda. Tapi ingat, jangan pula bergaya bak robot yang cuma menjejali follower dengan jualan produk. Sebab bisa-bisa dianggap spam alias jadi sumber 'pesan sampah'.

9. Menyampaikan Unek-unek
Tentu saja Twitter tak selalu digunakan untuk keperluan serius. Melontarkan unek-unek atau sekadar curhat juga sangat memungkinkan di sini. Asal jangan njeplak, ibarat kosakata Betawi, karena ada etika yang harus diikuti. Think before posting!

10. Tes Reaksi Pasar
Satu lagi fungsi Twitter bagi kalangan perusahaan/pebisnis. Mereka bisa memanfaatkan massa di Twitter untuk melakukan sedikit survei kecil-kecilan. Misalnya, ada seorang pengusaha pakaian yang ingin membuat produk baru. Sebelum memproduksinya secara massal, Anda tentu bisa meminta pendapat dari follower di Twitter terhadap rancangan pakaian yang telah disiapkan. Pasti banyak yang meresponsnya.

KELEBIHAN dan KEKURANGAN TWITTER

Kelebihan Twitter

1. Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.

2. Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.

3. status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho). Mereka dapat mengumumkan berita-berita penting yang langsung dilihat oleh sesama pemakai Twitter. Untuk dapat melihat status orang atau pihak lain, seseorang harus mencari dulu pemakai Twitter.

4. Twitter juga menyediakan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter, sehingga tidak terbaca pengguna lainnya.

5. Status Twitter dapat dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Facebook, sehingga jaringan lebih luas lagi.

6. Mudah untuk mengupdate dan lebih banyak kesempatan untiuk mandapatkan jaringan yg lebih luas.

7. Siapa pun menjadi Follower orang lain kecuali diblokir.

8. Pure alat komunikasi, cepat tanggap

9. Anda tidak perlu harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS.

10. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka, banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)

11. Potensi menggunakan media ini untuk periklanan di masa mendatang .

12. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya.

Kekurangan Twitter

1. 21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.

2. Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.

3. 150 follower merupakan angka ajaib. Terutama dalam menarik poin data dari survei, Sysomos menemukan bahwa pengguna Twitter cenderung "follow back" semua pengikut mereka sampai sekitar 150 koneksi. Maka pertukaran jatuh secara dramatis, yang seolah-olah menunjukkan bahwa jumlah ini mungkin merupakan titik penyeberangan di mana orang beralih dari penggunaan Twitter untuk lebih pribadi untuk menggunakan lebih pada pemikiran "lifecasting" dan tindakan menuju komunitas orang-orang yang mereka rasa memiliki berbagai tingkat untuk koneksi.

4. Separuh dari semua pengguna Twitter "tidak aktif." Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi "aktif" di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.

5. batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.

6. Terbatas fungsionalitas misalnya dalam menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat

7. Terlalu menekanan pada penghitungan pengikut

8. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan jaringan.

Aplikasi Mobile untuk membuka Twitter

1. Tweetie (http://www.atebits.com/software/tweetie) merupakan feature rich aplikasi di iPhone.

2.Twitterfon(http://www.naan.net/trac/wiki/TwitterFon) dan Twitterrific (http://iconfactory.com/software/twitterrific) full kapabilitas aplikasi Twitter untuk iPhone.

SEJARAH FACEBOOK





     Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang diperoleh dari facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”.

     Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak memiliki “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar.Ia membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “Thefacebook” yang awalnya berada di situs thefacebook.com.

Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000

Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Facebook juga menjadi jejaring sosial teratas dari delapan pasar perorangan di Asia, yaitu Filipina, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, Selandia Baru, Hong Kong dan Vietnam, sementara merek lain masih mempertahankan posisi teratas mereka di beberapa pasar, termasuk Orkut milik Google di India, Mixi.jp di Jepang, CyWorld di Korea Selatan, dan Wretch.cc milik Yahoo! di Taiwan.

Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara “apa yang dibeli teman”.

Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian), sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).

Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka memiliki tingkat klik serendah 0,05% sampai 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, jika dibandingkan berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih baik dari Facebook tetapi masih rendah dibandingkan dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah adalah bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.

Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang melihat video tersebut menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri adalah 25% untuk iklan video spanduk.

Facebook memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg memiliki 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 – 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing memiliki kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D’Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus memiliki kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D’Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tidak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.

Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tidak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan “pendapatan penjualan ranah” sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.

Sumber : http://berandakawasan.wordpress.com/2011/11/25/sejarah-facebook/

KELEBIHAN dan KEKURANGAN FACEBOOK

Kelebihannya :

1. Update status, bisa menulis tentang kegiatan yang sedang kita lakukan, dimana kita berada, bersama siapa, dan bahkan hal yang tidak bisa kita ungkapkan kepada orang lain.

2. Comments, kita bisa mengomentari status, foto teman kita, dan juga bisa menandai orang tersebut di comments kita.

3. Chat, pada jendela chats disertai emotion-emotion yang member warna dalam chating kepada teman.

4. Games, terdapat banyak games-games menarik yang ditawarkan.

5. Group, kita dapat membuat group dimana group yang kita buat khusus teman dekat, teman kantor / teman lain-lainnya.

Kekurangannya :

1. Orang lain mudah membuat account palsu, seperti memasang foto palsu dan nama palsu, yang dapat membuat tindak kejahatan mudah terjadi.

2. Tingkat keamanan kurang, seperti sering terjadi pembajakan account oleh pihak lain yang tidak diketahui oleh pengguna facebook tersebut.


Digital music

    Musik Digital adalah reproduksi suara dari sinyal digital yang telah dirobah keasalnya menjadi sinyal analog, perekaman suara digital dengan cara pengkodean angka biner hasil dari perobahan sinyal suara analog dengan bantuan frekuensi sampling. Musik digital bisa juga berasal dari suara sintetis, contoh peralatan sumber suara sintetis MIDI merupakan sumber suara digital berbagai instrumen musik yang bisa dimainkan oleh pemusik. Bentuk penyimpanan sinyal digital dalam media berbasis teknologi komputer. Format digital dapat menyimpan data dalam jumlah besar, jangka panjang dan berjaringan luas.

Keunggulan

Musik dalam format digital memiliki beberapa keunggulan dibanding musik dalam medium konvensional, yaitu :

  1. proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD
  2. Format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan. Contohnya seperti lagu dengan format MP3 yang bisa disesuaikan dengan teknologi musik di ponsel/handphone.
  3. Mudah untuk menyalin (mengcopy) file dengan kualitas salinan yang serupa dengan aslinya, sehingga memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu. Contohnya : file lagu, musik atau video yang dapat dengan mudah kita copy melalui komputer misalnya, akan memiliki kualitas yang sama dari file aslinya.
  4. Proses penjualan dengan pendekatan satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium analog seperti kaset atau CD.
  5. Sinyal pada audio digital tidak mudah terpengaruh oleh berbagai gangguan dan memiliki kualitas suara yang tinggi. Tidak seperti pita kaset pada sistem analog dimana bisa terjadi penurunan kualitas suara akibat gangguan seperti pita kaset rusak atau kotor.
  6. Dapat disalin dengan jumlah yang tak terbatas. Rekaman digital dapat benar-benar tidak terbatas, meskipun media konvensional atau analog (CD, DAT, dll) mulai membusuk secara fisik, namun file audio digital dapat dengan mudah disalin ke media yang baru tanpa kehilangan informasi.
  7. Kecepatan tinggi, karena proses teknologinya dilakukan melalui pengiriman muatan tinggi bukan gerakan mekanis berbentuk gelombang.
  8. Keakuratan tinggi, karena memiliki sifat yang berlawanan dimana hanya mengenal dua alternatif yaitu ada muatan listrik atau tidak ada muatan listrik sehingga keakuratan menjadi sangat tinggi. Teknologi digital yang memiliki keakuratan tinggi bila diduplikasi, maka hasilnya akan memiliki kualitas yang sama meskipun berkali-kali.


Kekurangan

Dengan segala kelebihannya, musik digital memiliki beberapa kekurangan juga yaitu :
  1. kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan
  2. penyebaran musik digital di Internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga memengaruhi pemasukan untuk label.
  3. Transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat.
jika anda ingin mendownload bahan presentasi kami silahkan klik tautan berikut Powerpoint.pptx

Manfaat :
menyimpan, mengambil dan mengirimkan sinyal tanpa kehilangan kualitas.

http://tataldita.wordpress.com/tag/audio-digital/
http://id.wikipedia.org/wiki/Audio_digital

No comments:

thanks..

Powered by Blogger.