Ads Top

ANALISIS DAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI MOBILE MARKETING



PT Sinar Mas Multifinance (Simas Finance) adalah perusahaan yang bergerak dalam jasa usaha pembiayaan sewa guna usaha, anjak piutang dan pembiayaan konsumen. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1985 dengan nama PT Sinar Supra Leasing Company, lalu berganti nama menjadi PT Sinar Supra Finance Co., dan akhirnya memilih nama baru yang digunakan sampai sekarang.
Pada tahun 1995 seluruh saham perusahaan dibeli oleh PT Sinar Mas Multiartha Tbk, sebuah perusahaan investasi dibawah kelompok usaha Sinar Mas. Pada Februari 1995, PT Sinar Mas Multiartha Tbk membeli seluruh saham PT Sinar Supra Finance dan mengganti nama perusahaan yang dibelinya menjadi PT Sinar Mas Multifinance pada awal 1996. Pada Juni 1996, sesuai pedoman Departemen Keuangan Republik Indonesia, dipindahkan seluruh aktiva pembiayaan dari PT Sinar Mas Multiartha TBK kepada Simas Finance. Sesuai dengan laporan keuangan Akuntan Publik Hanadi Sujendro, pemindahan ini meliputi nilai aktiva sebesar Rp.521 milyar.


Beberapa produk yang di tawarkan oleh PT PT Sinar Mas Multifinance (Simas Finance) adalah sebagai berikut;
  1. Leasing
Leasing adalah jasa pemberian pinjaman/kredit, berupa kredit mobil baru atau bekas
  1. Pembiayaan Motor
Jasa pemberian modal pinjaman dengan menjamin BPKB motor, khususnya motor bekas
  1. Customer Finance
Jasa sewa kendaraan atau alat alat berat, dengan diberikan pemilihan pada akhir tenor, kendaraan tersebut akan di beli atau tetap menjadi pemilik perusahaan.
  1. Factoring
Factoring adalah jasa pembiayaan usaha lanjutan untuk dealer factoring
Proses penilaian yang dilakukan oleh Department Penjualan dari berbagai macam produk kredit yang ditawarkan terbagi menjadi 2 (dua) bagian besar yaitu kredit perorangan dan kredit badan usaha, dari kedua bagian ini memiliki penilaian yang berbeda beda untuk menganalisis dan menilai suatu kredit dari seorang nasabah. Proses yang sekarang berjalan di Department Penjualan, marketing melakukan pendataan nasabah kemudian melakukan penginputan aplikasi kredit di website, dalam aplikasi tersebut akan mengeluarkan scoring kredit apakah kredit yang diajukan dapat di proses atau ditolak. Model penilaian menjadi kunci untuk memprediksi kelanjutan pengajuan kredit dan merubah nasabah menjadi baik atau buruk.
Ruang lingkup proyek sistem yang dikembangkan adalah di Department Penjualan dengan melihat kebutuhan akan pengembangan sistem yang ditawarkan. Aplikasi Mufins Mobile Marketing diperuntukan hanya untuk department tersebut dan untuk masyarakat pembeli produk.
Aplikasi Mufins Mobile Marketing dikembangkan dengan platform berbasis Android yang dapat dijalankan baik pada smartphone maupun tablet PC berukuran 7 inch hingga 10 inch dengan OS minimum Android 4.0 (Ice Cream Sadwich). Dengan adanya Aplikasi Mufins Mobile Marketing, diharapkan dapat memberi kemudahan dalam proses pekerjaan marketing tanpa merubah prosedur-prosedur yang telah berjalan di Department tersebut.
Penerapan Aplikasi Mufins Mobile Marketing dianalisis selain dapat mempersingkat waktu dalam pengajuan kredit, dinilai juga dapat memberikan keuntungan kepada perusahaan karena singkatnya waktu dapat menjaring lebih banyak masyarakat yang dapat mengunakan produk yang ditawarkan karena masyarakat dapat melakukan pengajuan kredit secara mandiri.
asaran sistem informasi pengembangan dan peningkatan yang dikembangkan adalah untuk mengatasi permasalahan yang timbul secara rinci. Sasaran yang akan dicapai adalah sebagai berikut:
  1. Dapat memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan lebih baik
Proses penilaian kredit dapat cepat dilakukan sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama kepastian persetujuan kredit yang diajukan.
  1. Meningkatan efektifitas sistem penjualan dan pemasaran
Tim marketing di Department Penjualan dapat lebih efektif dalam proses pengajuan kredit karena bisa dilakukan dimana saja dengan menggunakan perangkat mobile.
  1. Menyediakan laporan tepat pada waktunya
 Aplikasi Mufins Mobile Marketing yang memiliki database yang sama dengan Aplikasi Mufins yang berbasis website dapat mempermudah dalam pembuatan laporan yang dibutuhkan, atau dalam proses analisis penjualan produk.

jika ingin mendownload fulltext silahkan download disini

No comments:

thanks..

Powered by Blogger.