Contoh Mini tesis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen
MUHAMAD REGGI. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada itus Belanja Online Bogorstore.com, pembimbing Dr. Asep Juarna, SSi, Mkom.
Kunci keberhasilan
penyelenggaraan jasa pembeli online berbasis website adalah
memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan menjawab segala
kebutuhan dan permasalahan konsumen setiap saat, di manapun dan dalam
kondisi apapun secara cepat dan tepat. Oleh karena itu setiap
organisasi yang bergerak di bidang pelayanan jasa pembeli online
berbasis website dituntut untuk menempatkan orientasi kepada kepuasan
konsumen sebagai tujuan akhir.
Dewasa ini semakin diyakini bahwa
kunci utama untuk memenangkan persaingan dalam dunia usaha pembelian
yang semakin ketat adalah memberikan nilai dan kepuasan kepada
konsumen melalui penyampaian jasa yang bermutu dan berkualitas.
Perubahan paradigma telah memaksa setiap organisasi pelayanan jasa
pembeli online berbasis website baik pelayanan jasa pembeli online
berbasis website nasional maupun internasional untuk melakukan
berbagai pembenahan. Kualitas layanan yang baik tidak hanya diukur
dari kemewahan fasilitas kelengkapan teknologi dan penampilan fisik
petugasnya, tetapi juga diukur dari efisiensi dan efektifitas serta
ketepatan pemberian pelayanan kepada konsumen.
Pemahaman-pemahaman
mengenai organisasi layanan jasa pembeli online berbasis website yang
mandiri, terkemuka dan berkualitas dalam memberikan pelayanan harus
diterapkan dalam mengelola organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website. Pemahaman mengenai kemandirian adalah upaya
mengembangkan dan meningkatkan pelayanan organisasi layanan jasa
pembeli online berbasis website oleh organisasi layanan jasa pembeli
online berbasis website itu sendiri, terutama di bidang pelayanan
jasa dan pembiayaan jasa. Terkemuka berarti memposisikan dan
memberikan eksis organisasi layanan jasa pembeli online berbasis
website yang sejajar dengan organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website lainnya yang telah maju di Indonesia. Kualitas
layanan adalah tenaga pengelola organisasi layanan jasa pembeli
online berbasis website yang mempunyai kompetensi standar dari
masing-masing profesi untuk memberikan pelayanan sesuai dengan
responsiveness, assurance,
tangible,
empathy
dan reliability
dalam memberikan kepuasan konsumen. Dalam
menjalankan organisasinya, Bogorstore.com mengemban visi “menjadikan
Bogorstore.com sebagai partner terpilih pada bidang pelayanan situs
jual beli online”, dan misi “mengutamakan pengguna jasa
pembelian, menciptakan nilai untuk para pembeli dan mewujudkan
fasilitas cepat, aman dan
tepat.
Untuk mengembangkan visi dan misi tersebut,
maka sasaran Bogorstore.com tahun 2016 adalah:
-
Menjadi situs jual beli yang dapat di percaya oleh masyarakat.
-
Mewujudkan Bogorstore.com sebagai pusat situs jual beli online di bogor dalam berbagai bidang pembelian.
-
Mengupayakan pencapaian sertifikasi ISO secara bertahap.
Fenomena dari
bentuk-bentuk kualitas layanan yang perlu ditingkatkan dalam
memberikan pelayanan kepada konsumen yaitu dengan memberikan
pelayanan yang terdiri dari: pertama, fenomena pelayanan yang
responsif (responsiveness),
yaitu tenaga pengelola Organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website Bogorstore.com dalam memberikan pelayanan menyadari
pentingnya pelayanan yang menyenangkan dan ketangkasan dalam bekerja
sesuai dengan penguasaan bidang profesi kerja yang memberikan respon
yang positif dengan imej yang menyenangkan.
Kedua,
fenomena pelayanan yang meyakinkan (assurance)
yaitu tenaga pengelola Bogorstore.com memberikan pelayanan dengan
melakukan komunikasi dengan konsumen memperlihatkan sikap ramah dan
sopan, memberikan jaminan akan keamanan dan kenyamanan sesuai
mekanisme pelayanan, yang menjamin konsumen untuk loyal menggunakan
jasa Bogorstore.com.
Ketiga,
fenomena dari pelayanan bukti fisik (tangible),
yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website Bogorstore.com dalam memberikan pelayanan yang
sesuai dengan penggunaan teknologi, perlengkapan dan kemampuan
karyawan melayani konsumen.
Keempat,
fenomena dari pelayanan empati (empathy)
yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website Bogorstore.com dalam memberikan pelayanan menekankan
adanya keseriusan, kepedulian dan perhatian dalam memberikan
pelayanan.
Kelima,
fenomena mengenai pelayanan kehandalan (reliability),
yaitu tenaga pengelola organisasi layanan jasa pembeli online
berbasis website Bogorstore.com dalam memberikan pelayanan bekerja
secara cepat dalam proses pelayanan dan memberikan pelayanan dengan
tidak pilih kasih (adil dan tidak diskriminan) dengan memberikan
kepercayaan kepada konsumen akan pelayanan yang berkualitas.
Fenomena kualitas layanan menjadi
tujuan dalam memperbaiki pemenuhan kepuasan konsumen atas pelayanan
yang diterima yaitu terpenuhinya harapan, keinginan dan kebutuhan
konsumen. Harapan konsumen yaitu cepat mendapatkan pelayanan,
keinginan konsumen yaitu pelayanan sesuai dengan jangkauan pembiayaan
yang dikenakan, dan kebutuhan konsumen yaitu terpenuhinya layanan
yang berkualitas.
Berdasarkan uraian tersebut, maka
peneliti tertarik memilih judul: “Pengaruh Kualitas Layanan
terhadap Kepuasan Konsumen pada itus Belanja Online Bogorstore.com”.
jika anda ingin mendapatkan fulltext silahkan download sini.
No comments:
thanks..