Ads Top

7 kebudayaan unversal (ilmu budaya dasar)

Muhamad reggi tresna utami (54411696)



Landasan Teori :
       Apa sih arti kebudayaan itu ?Kebudayaan berasal dari bahasa sangsakerta kuno  yaitu buddhayah, berarti juga merupakan bentuk jamak dari buddhi “akal” diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi pekerti dan akal manusia.
Dalam bahasa Inggris(asing), kebudayaan disebut culture, juga bersal dari kata latin  Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur"  terkadang budaya dalam bahasa Indonesia.
Nah arti budaya sendiri Budaya adalah suatu cara hidup atau tradisi yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang suatu bangsa  dan diwariskan dari generasi ke generasi.Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem,agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi  dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.

  Artikel terkait :

Tujuh unsur kebudayaan universal          :
1. Sistem Religi
 Manusia terhadap adanya Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zat yang lebih dan Maha Kuasa.

2. Sistem Organisasi Kemasyarakatan
Sistem yang muncul karena kesadaran manusia bahwa meskipun diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing antar individu sehingga timbul rasa utuk berorganisasi dan bersatu.

3. Sistem Pengetahuan
Sistem yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula, sehingga perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti.

4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem – Sistem Ekonomi
Terlahir karena manusia memiliki hawa nafsu dan keinginan yang tidak terbatas dan selalu ingin lebih.



5. Sistem Teknologi dan Peralatan
Sistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang – barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengam makhluk hidup yang lain.



6. Bahasa
Sesuatu yang berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagai lisan untuk mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.


7. Kesenian
Setelah memenuhi kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapat memuaskan.



Tanggapan atau pendapat saya tentang 7 kebudayaan universal bisa di lihat di tautan ini http://cabimb.blogspot.com/2012/03/pendapat-7-kebudayaan-universal.html


Pendapat 7 kebudayaan universal


Menurut saya 7 kebudayaan itu bersifata turun menurun dan tidak akan pernah punah meski di makan zaman karena budaya itu tradisi dan suatu kebudayaan ,budaya adalah milik bersama bahkan dalam arti bahasapun kebudayaan memiliki banyak arti tetapi memiliki satu tujuan dan makna ,budaya menyangkut banyak hal dari segi berpakaian bahasa dan kebiasaan ,kebudayaan juga termasuk sistem agama ,politik adat istiadat,bahasa,perkakas,pakaian ,bangunan dan karya seni .


Tanggapan saya mengenai ke 7 budaya universal:
1.Sistem religi
menurut saya setiap orang mempunyai kepercayaan masing masing terhadap tuhannya,siapa yang harus dia sembah,semua orang berhak untuk mempunyai kebebasan beragama.maka muncullah kebudayaan salaing menghormati antar umat beragama


2.Sistem organisasi kemasyarakatan
Setiap orang tentunya berhak untuk berorganisasi meskipun manusia mahluk yang paling sempurna namun manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain ,dengan kata lain manusia sudah ada keinginan berorganisasi antar sesama dan mewujudkan satu tujuan.


3.Sistem Pengetahuan
Manusia terlahir dengan akal dan pikiran yang di anugrahi oleh manusia maka kita sebagai manusia harus mengunakan anugrah ini dengan sebaik baiknya.


4.Sistem Mata pencaharian hidup dan sistem – sistem ekonomi
Manusia memmiliki hawa nafsu untukmendapatkan sesuatu yang lebih maka terciptalah sistem ekonomi untuk menuju kehidupan yang lebih baik


5.Sistem Teknologi dan peralatan
Dengan seiringnya kemajuan jaman maka terciptalah teknologi yang begitu canggih guna untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik,maka kita sebagai manusia harus mengunakan dengan sebijak –bijaknya


6.Bahasa
Setiap bangsa pasti mempunyai bahasa, bahasa itu merupakan ciri penting suatu bangsa ,bahkan sekarang sudah tercipta bahasa unversal untuk berkomunikasi antar sesama manusia di dunia yaitu bahasa inggris


7. Kesenian
Seni semua orang suka dengan seni,guna untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik dan psikis kita sehingga hidup kita menjadi lebih indah dan berwarna
Link Referensi : www.wikipedia.com
                        www.google.com
                        http://imcokerhero.blogspot.com/2011/02/bab-1.html

No comments:

thanks..

Powered by Blogger.