Ads Top

Manusia dan cinta Kasih




    Cinta menurut wikipedia.com adalah Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.

     Sedangkan menurut insting cinta ,Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan pada sepasang manusia untuk saling saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi, saling pengertian. Cinta itu sendiri sama sekali tidak dapat dipaksakan, cinta hanya dapat berjalan apabila kedua belah pihak ikhlas, cinta tidak dapat berjalan apabila mereka mementingkan diri sendiri. Karena dalam berhubungan, pasangan kita pasti menginginkan suatu perhatian lebih dan itu hanya bisa di dapat dari pengertian pasangannya.

     Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut  :



  1. Perasaan terhadap keluarga
  2. Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
  3. Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  4. Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
  5. Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
  6. Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
  7. Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
  8. Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
  9. Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme


     Sedangkan kasih ,Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Porwadarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam kehidupan berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi (pria-wanita) bila diakhiri dengan perkawinan, maka didalam rumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cintaan, tetapi sudah bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab,pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran, terancamlah kebahagian rumah tangga itu. Yang dapat merasakan kasih sayang bukan hanya suami atau istri atau anak-anakyang telah dewasa, melainkan bayi yang masih merah pun telah dapat merasakan kasih sayang dari ayah dan ibu. Bayi yang masih merah telah dapat mengenal suara atau sentuhan tangan ayah ibunya. Bagaimana sikap ibunya memegang/menggendong telah dikenalnya, hal ini karena sang bayi telah mempunyai kepribadian.Kasih sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Komuniokasi antara anak dan orang tua pada prinsipnya anak terlahir dan terbentuk sebagai hasil curahan kasih sayang orang tuanya. Pengembangan watak anak dan selanjutnya tak boleh lepas dari kasih sayang dan perhatian orang tua. Suatu hubungan yang harmonis akan terjadi secara timbal balik antara orang tua dan anak. Adanya kasih sayang ini mempengaruhi kehidupan sianak dalam masyarakat. Orang tua dalam memberikan kasih sayangnya bermacam-macam demikian pula sebaliknya.


Tiga tingkatan cinta :



  1. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada tuhan.
  2. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orangtua, anak, saudara, istri atau suami dan kerabat.
  3. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta dan tempat tinggal.



Artikel Terkait :




BY – AUGUST 19, 2011POSTED IN: CERITA CINTA


Apakah Anda masih ingat tragedi gempa di China 7,9 skala richter yang menelan banyak korban? Hampir 10 ribu jiwa akibat peristiwa yang terjadi bulan Mei 2008 itu. dan berikut ini adalah cerita seorang ibu yang tewas saat melindungi bayinya.

Wen Chuan, salah satu daerah yang paling parah terkena gempa. Sukarelawan yang bertugas saat itu menemukan pemandangan yang memilukan.“Lihat itu, ada seorang wanita di sana” Dari balik reruntuhan tampak jenazah seorang wanita, dan ada sesuatu di bawahnya, seorang bayi. Ibu itu tampak berlutut dengan sikap sempurnya kepada Tuhan memohon dengan sisa2 tenaganya yang terakhir untuk diberi kekuatan melindungi bayinya.. Tubuhnya tampak seperti berdoa dengan sangat khusuk. Sang anak tidak terluka sama sekali Di bawah selimut bayi itu, para sukarelawan menemukan ponsel dengan sebuah tulisan di layarnya


” Anakku tersayang, bila kau hidup, ingatlah ini, mama akan selalu mencintaimu”



Kisah di atas adalah Sebuah Pengorbanan yang tulus, tp klu kita renungkan Kita sering melupakan kebaikan dan pengorbanan orang tua terutama ibu,Ibukita telah melahirkan, merawat, memasakkan nasi untuk kita saat kita kecil sampai saat ini, mengapa kita tidak berterima kasih kepadanya? Dan tidak jarang kita malah bertengkar dengannya. Di lain Waktu, kita mungkin akan sangat berterima kasih kepada orang lain di sekitar kita untuk suatu pertolongan kecil yang diberikan kepada kita. Tetapi kepada orang yang sangat dekat dengan kita, khususnya orang tua kita, kita harus ingat bahwa seharusnya kita berterima kasih kepada mereka seumur hidup kita.


Semoga tulisan Cerita Cinta ini Bermaanfaat, ucapkan doa dan terimaksih pada kedua orang tua kita dan orang yg terkasih di hati,


Tanggapan dan opni menurut saya tentang cinta,kasih dan sayang


Ketiga kata tersebut mungkin memiliki arti berbeda namun. Berdasarkan artikel yang saya saya baca dan saya pahami dapat diambil kesimpulan bahwa sesungguhnya cinta, kasih, dan sayang adalah suatu bentuk perasaan yang saling berkaitan satu sama lain baik bersama tuhan sesama manusia dan hewan.

Cinta dan kasih hanya berbeda ketika kita membencinya namun kasih akan terus ada untuk selamnya. Sekali kita mengasihi seseorang, kita akan mengasihi orang itu selamanya. Sedangkan perasaan sayang adalah perasaan yang bersifat memanjakan dan membuat pasangan senang.

Setiap orang pasti memiliki cinta dan kasih sayang , karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk berinteraksi. Dari interaksi yang intens, kelamaan akan muncul suatu perasaan cinta, kasih dan sayang. Perasaan tersebut tidak hanya berlaku bagi pasangan, tetapi dapat juga berupa cinta kasih kepada keluarga, teman, sahabat, bangsa dan Negara.

cinta itu indah, cinta itu semangat, dan cinta itu kebahagiaan. Ya seperti cinta kita terhadap sesama manusia(lawan jenis) ataupun kepada sang khalik. Nah tapi tetap kita harus bisa membedakan cinta kita terhadap sang khalik dan kepada sesama manusia


Di tulis oleh : muhamad reggi tresna utami
                      1ia07-54411696

Sumber : www.wikipedia.com

No comments:

thanks..

Powered by Blogger.